Cegah Penyebaran Covid-19, Bupati Taput Tidak Izinkan Pesta-pesta Besar

Bupati 2BTaput

Cegah Penyebaran Covid-19, Bupati Taput Tidak Izinkan Pesta-pesta Besar

  

DELINEWSTV Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si., buka rapat pimpinan penanganan Covid-19 di di Sopo rakyat rumah dinas Bupati Taput, Jumat (16/10).

 

Turut hadir dalam rapat pimpinan tersebut, Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, SH., Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Simaremare, M.Si.,dan pimpinan OPD Pemkab Tapanuli Utara beserta Forkopimda.

 

Dalam kesempatan rapat, Bupati menegaskan akan mengambil langkah KSO (Kerjasama Operasional) alat, untuk mengatasi sulitnya mendapatkan alat diagnostik laboratorium di Rumah Sakit Tarutung seperti Cartridge SARS-CoV-2 sehingga yang sudah reaktif hasil rapid testnya harus menunggu lama. KSO ini akan dituangkan dalam kesepakatan bersama Forkopimda Taput.

 

“Dengan melonjaknya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Taput untuk saat ini, hasil kesepakatan rapat, pesta pesta tidak kita ijinkan lagi dan bagi yang sudah mendapat ijin hanya diperbolehkan pemberkatan di gereja. Untuk acara bagi yang meninggal hanya diijinkan satu hari saja. Bagi yang meninggal dunia dibawa dari luar kota untuk langsung dimakamkan. Keputusan ini berlaku mulai besok (17/10) hingga ada keputusan baru lagi,” ujar Bupati mengawali.

 

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa Satpol PP bekerjasama dengan TNI/Polri harus melakukan  razia bagi pesta atau kerumunan yang ada di Desa-Desa.  Pos Siskamling Desa dan Kelurahan akan kita aktifkan kembali dengan swadaya masyarakat. Perayaan natal yang mengumpulkan massa juga akan ditiadakan. Bagi masyarakat yang telah melakukan rapid test dan hasilnya reaktif, sebelum keluar swab untuk melakukan isolasi mandiri. “Apabila tidak diindahkan akan diberi sanksi” ujar Bupati menambahkan.

 

Bagi ASN Taput tidak ada yang bisa tugas ke luar kota tanpa seijin Bupati Taput dan apabila yang ke luar kota tanpa ijin Bupati akan ditindak sesuai aturan yang berlaku.(Panji).

 

Editing : Bern