Pemkab Tapteng “ Berbenah “ Bangun 71.914 M Jalan Hotmix

Senin, 29 Juni 2020, 00:04 WIB
Oleh Agus Salim

Tapteng, Delinewstv | Kehidupan perekonomian di masa covid-19 menghancurkan ekonomi masyarakat, tak terkecuali kabupaten Tapteng. Menyikapi hal ini, Pemkab Tapteng mulai membangun infrastruktur jalan guna menyerap tenaga kerja dan memperbaiki akses jalan dipelosok desa.


Hal ini terlihat, saat Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) tinjau Pembangunan Jalan yang menghubungkan Desa Simargarap dengan Desa Baringin di Kecamatan Pasaribu Tobing, Jumat (26/06/2020).



Peningkatan Jalan itu dimaksudkan untuk menjadi akses penghubung dua desa di Kecamatan Pasaribu Tobing yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi perdesaan dengan memudahkan pengangkutan hasil pertanian masyarakat.

Tak hanya itu, dengan pembangunan jalan ini, puluhan bahkan ratusan masyarakat sekitar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja di proyek ini.


"Hari ini kami melakukan peninjauan proyek peningkatan Jalan Hotmix Simargarap-Baringin yang dibangun dengan panjang 1,4 km dan lebar 3,5 meter dengan biaya Rp. 3,7 milyar pada tahun 2020 ini. Tahun depan direncanakan untuk dilakukan lagi pembangunan jalan ini sehingga bisa menghubungkan antara Kecamatan Pasaribu Tobing dengan Kecamatan Sosorgadong,” kata Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Tak hanya proyek infrastruktur jalan di Simargarap yang digenjot Pemkab Tapteng, 21 Proyek peningkatan jalan yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Tapteng mulai dikerjakan.

Total 22 Proyek Infrastruk Jalan Hotmix mulai tahap pengerjaan dan menyerap anggaran sebesar Rp. 145.740.697.400.

Adapun proyek infrastruktur jalan yang akan menyerap ribuan tenaga kerja di Tapteng ini adalah :  Ruas Jalan Anggoli - Sibio-bio Kecamatan Sibabangun (3.300 meter) , Ruas Jalan Simargarap - Baringin Kecamatan Pasaribu Tobing (1.440 meter) , Ruas Jalan SP. Sekolah - Sampang Maruhur Kecamatan Sirandorung (1.800 meter ), Ruas Jalan Tumba Jae - Palombang Kecamatan Manduamas (3.600 meter)

Selanjutnya, Ruas Jalan Perbaja Kecamatan Sirandorung (1.350 meter x 4 Meter) , Ruas Jalan Sibuluan Terpadu - Sibuluan Nauli Kecamatan Pandan ( 348 meter ), Ruas Jalan Pananggahan – Sihapas Kecamatan Sorkam (976 meter) , Ruas Jalan Sihorbo - Purba Tua Kecamatan Barus Utara (1.000 meter) , Ruas Jalan Dame Kelurahan Aek Tolang Kecamatan Pandan (325 meter) , Jalan Kampung Mudik - Aek Dakka Kecamatan Barus (3.600 meter x 4,5 meter) , Jalan Bukit Patupangan - Kedai Tiga Kecamatan Barus (1.750 meter x 3,5 meter), Pembangunan Dek Penahan Jalan di Desa Suga-Suga Hutagodang Kecamatan Pasaribu Tobing (325 meter).

Ruas Jalan Saragi - Nganjur Kecamatan Manduamas (6.000 meter x 4 meter) , Ruas Jalan Sibabangun - Pulo Pakkat Kecamatan Sibabangun (7.500 meter x 4 meter), Ruas Jalan Lopian - Jagojago Kecamatan Badiri (3.500 meter x 4 meter) , Ruas Jalan Hutabalang - Aek Bontar Kecamatan Badiri (7.600 meter x 3,5 meter) , Ruas Jalan Kolang - Huta Tinggal Kecamatan Kolang (2.700 meter x 3,5 meter) , Ruas Jalan Pinangsori - Masundung Kecamatan Pinangsori (8.000 meter x 3,5 meter ), Ruas Jalan Pulo Pakkat - Sihadatuon Kecamatan Sukabangun (3.600 meter x 3,5 meter), Ruas Jalan Simpang Sawit - Nganjur Kecamatan Manduamas (5.200 meter x 4,5 meter), Ruas Jalan Gonting Mahe - Batu Leap Kecamatan Sorkam (2.000meter x 3,5 meter), Ruas Jalan Pinangsori - Toga Basir Kecamatan Pinangsori (6.000 meter x 3,5 meter) .

Total keseluruhan pembangunan ruas jalan itu sepanjang 71,94 km.

“Jalan yang sedang kita tinjau sekarang mungkin belum pernah diperbaiki, total panjangnya ada 6 km tapi yang sedang dibangun sekarang ini adalah 1,4 km. Kita rencanakan di tahun 2021 hingga tahun 2022, jalan ini sudah tembus, selesai pembangunannya. Sekarang juga dari Sosorgadong lagi dibuka melalui TMMD sehingga nanti akan jumpa di tengah,” ungkap Bupati Tapanuli Tengah.

“Jadi target kita, seluruh wilayah Tapteng harus kita hotmix tapi bertahap. Pada tahun 2019, sudah kita bangun 75 km, pada tahun 2020 ini dibangun 71,94 km. Artinya tiap tahun, kita akan terus membangun karena banyak daerah-daerah yang tertinggal dan banyak jalan-jalan yang belum diperbaiki, dan sekarang akan kita perbaiki, “ lanjut Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani juga berharap dengan semakin baiknya infrastruktur jalan akan mendukung peningkatan moda angkutan hasil bumi di perdesaan dan pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat Tapteng.

Turut serta dalam rombongan Bupati,  Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, Anggota DPRD Tapteng, Plt Kadis PU PR Tapteng, Camat Pasaribu Tobing, dan Kepala Desa. (Agus Tanjung)


TerPopuler