-->

Hadapi Ketahanan Pangan di Masa Covid-19, Bupati Tapteng Salurkan Benih Padi Unggul

Minggu, 28 Juni 2020, 23:21 WIB
Oleh Agus Salim
Tapteng, Delinewstv  | Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani di dampingi DPRD Kabupaten Tapteng menyalurkan 45.652 Kilogram  Benih Padi Varites Unggul di Tiga Kecamatan, hari Jumat (26/06/2020).

Penyaluran Benih Padi Unggul kepada  89 (delapan puluh sembilan ) kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Barus, Kecamatan Sosorgadong dan Kecamatan Barus Utara ini bertujuan untuk meningkatkan ketahangan pangan khusus menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Diharapkan juga, Kabupaten Tapteng bisa berswasembada beras hingga tidak tergantung kepada daerah lain.


"  Hari ini, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah membagikan Benih Padi kepada Kelompok Tani di 3 (tiga) kecamatan sebanyak 45.625 kg dari total yang dibagikan di Kabupaten Tapanuli Tengah 72.500 kg,” kata Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, hari Jumat (26/06/2020) di  Kantor Camat Barus Utara.


Perincian sebaran benih padi yang disalurkan  sebagai berikut,  di Kecamatan Barus sebanyak 21.550 kg untuk 38 Kelompok Tani dengan luas lahan pertanian 862 Ha, di kecamatan Sosorgadong sebanyak 23.125 kg untuk 39 Kelompok Tani dengan luas lahan 925 Ha, dan di Kecamatan Barus Utara sebanyak 7.650 kg untuk 13 Kelompok Tani dengan luas lahan 306 Ha.

Jenis Benih Padi yang disalurkan adalah Varites Inpari 32, produksi PT.Pertani ( Persero ).

Total benih padi yang akan disalurkan kepada Kelompok Tani di Tapteng sebanyak 72.500 kg (72,50 ton) untuk luas lahan 2.900 Ha.


“Kita akan terus berupaya agar di tahun-tahun mendatang kebutuhan beras di Kabupaten Tapanuli Tengah bisa tercukupi dari hasil pertanian KabupatenTapanuli Tengah. Irigasi juga terus kita perbaiki. Produktifitas pertanian harus kita tingkatkan, demikian juga dengan ketahanan pangan di Kabupaten Tapanuli Tengah,” tutur Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.


Dikesempatan ini Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani juga meminta kepada para petani untuk memamfaat lahan pekarangannya semaksimal mungkin untuk menunjang ekonomi keluarga.


“Harapan saya kepada masyarakat Tapanuli Tengah agar memanfaatkan halaman rumahnya untuk ditanami kebutuhan sehari-hari, seperti sayur-sayuran dan lain sebagainya. Kemudian agar jangan ada lagi masyarakat Tapanuli Tengah yang melakukan pinjaman kepada rentenir karena bunga pinjamannya itu sangat memberatkan masyarakat, “ lanjut Bupati Bakhtiar Sibarani.


Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tapteng, dan Pimpinan OPD, Camat, Danramil Barus, Kapolsek Barus, Lurah dan Kepala Desa, Penyuluh Pertanian dan Kelompok Tani. (Agus Tanjung)

TerPopuler