Pemkab Tapteng Distribusikan 55 Ribu Masker

Jumat, 24 April 2020, 11:44 WIB
Oleh Bern

Tapteng, Delinewstv | Menghadapi pandemi Covid-19, segala upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melindungi masyarakatnya. Selain memberikan bantuan sembako, 55 Ribu Masker Kain di distribusikan ke 20 Kecamatan di Tapteng.

Tahap Awal pembagian masker kain ini dilaksanakan hari Selasa (21/4/2020) lalu dan akan di sebarkan ke seluruh Kecamatan sesuai target 55 ribu masker.

Hal ini disampaikan oleh Kadis Kesehatan Tapteng Nursyam, S.K.M, M.Kes didampingi Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dedi Irama Gulo, ST, Jumat (24/04/2020).

“Bupati Tapanuli Tengah Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) memberikan 2.000 masker kain melalui Camat Barus untuk dibagikan di Kantor Camat Barus pada hari Selasa (21/04/2020),” jelas Hj. Nursyam hari Jumat (24/4/2020).

“ Selanjutnya, pada Rabu (22/04/2020), ada 800 masker kain yang dibagikan melalui Badan Kesejahteraan Masjid (BKM). Kepala Seksi Sumber Daya Manusia dan kesehatan, Normansyah, S.Kep, Ns dengan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah Bapak Imam Safi'i Simatupang membagikan Masker Kain melalui Badan Kesejahteraan Masjid atau BKM Masjid. Saat ini, masker kain yang sudah dipesan 55.000 buah dan yang sampai masih 5.000 buah. Beberapa hari kedepan, akan sampai 50.000 masker kain dan direncanakan dibagikan bersamaan dengan Sembako,"  lanjut  Hj. Nursyam.

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Dedi Irama Gulo, ST menjelaskan pendistribusian masker kain di Kecamatan Barus dan melalui BKM Masjid.

"Pada hari pertama Selasa (21/04/2020), pembagian masker kain di kecamatan Barus, Bapak Bupati menugaskan Camat Barus untuk mendistribusikan 2.000 masker di Kantor Camat Barus. 1.000 masker dibagikan untuk pihak kecamatan dan masyarakat. Kemudian, 1.000 masker lagi dibagikan ke 5 puskesmas di Kecamatan Barus dan sekitarnya, masing-masing Puskesmas menerima 200 masker. Kelima puskesmas itu adalah Puskesmas Barus, Puskesmas Kedai Tiga, Puskesmas Barus Utara, Puskesmas Andam Dewi, dan Puskesmas Sijungkang,” kata Kabid SKD Dinas Kesehatan Tapteng Dedi Irama Gulo.

“Selanjutnya, untuk pembagian hari Rabu (22/04/2020), Dinas Kesehatan membagikan lagi 800 masker kain ke masyarakat melalui BKM, masing-masing BKM menerima 100 masker kain, antara lain BKM Masjid Babussalam Sibuluan, BKM Masjid Taqwa Sibuluan, BKM Masjid Raya Sibuluan, BKM Masjid Raya Pandan, BKM Masjid Al Hikmah Kalangan, BKM Masjid Silaturrahim Hajoran, BKM Masjid Taqwa Pandan, dan BKM Masjid Al Muslimin Pandan," tuturnya.

Menanggapi perhatian Pemkab Tapteng terkait pencegahan Covid-19, Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Al- Hikmah Kalangan, Sari Budi Waruwu mengucapkan terima kasih atas bantuan masker kain.

"Kami dari BKM Al-Hikmah Kalangan mengucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Tapanuli Tengah Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah yang telah memberikan bantuan masker kain kepada Jamaah Masjid Al-Hikmah Kalangan melalui Dinas Kesehatan karena kita ketahui bersama menggunakan masker ini kita turut mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona," kata Sari Budi Waruwu. (Agus Tanjung)

TerPopuler