-->

Intensitas Hujan Tinggi, Beberapa Titik di Kab.Taput Mengalami Banjir

Minggu, 26 April 2020, 07:45 WIB
Oleh Bern


Tarutung, Delinewstv – Curah hujan yang cukup tinggi mengguyur Tarutung beberpa pekan, mengakibatkan beberapa titik di Kabupaten Tarutung mengalami banjir.

Salah satu titik banjir terparah terdapat di seputaran Jalan D.I. Panjaitan meliputi komplek perumahan Aek Ristop dan SD Latihan dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa menggenangi badan jalan dan rumah-rumah penduduk.


Bupati Taput Nikson Nababan, Minggu (26/4/2020) memberikan perhatian khusus untuk penanggulangan banjir di seputaran Jalan DI Panjaitan Tarutung tersebut yang diakibatkan meluapnya air sungai Aek Ristop.

Ia menginstruksikan Kepala Dinas PUPR Anggiat Rajagukguk melakukan survei bersama Camat Tarutung, Kepala Desa Hapoltahan, Lurah Hutatoruan VII dan masyarakat, menelusuri penyebab banjir di Jalan DI Panjaitan, Komplek SD Latihan dan Hutabaginda.

Menurutnya, ada pendangkalan akibat sedimen, pipa air melintang sungai, bangunan jamban masyarakat di tengah sungai terlalu rendah sehingga menghambat aliran air sungai, dan banyak sampah yang dibuang ke sungai.

“Bersihkan semua yang menghambat. Bikin kesepakatan Bupati/Muspida dan tokoh masyarakat Tarutung serta perwakilan desa dan kelurahan,” ujarnya.

Dipastikan, bahwa Minggu (26/4/2020) sore, alat berat berupa excavator dimobilisasi ke lokasi dan akan bekerja mulai Senin (27/4/2020) pagi untuk pembersihan dan pengerukan.

"Mohon dukungan masyarakat agar alat berat diizinkan melintasi tanggul Aek Ristop. Kepada masyarakat Aek Ristop mari kita saling menjaga untuk tidak membuang sampah ke Sungai Aek Ristop demi kenyamanan kita bersama," ujarnya.

(Panji HS)

TerPopuler