Hasil Rapid Test Dua Warga Taput Terindikasi Suspek Positif Covid-19

Rabu, 15 April 2020, 02:45 WIB
Oleh moltoday.com


Himbauan Bupati Tapanuli Utara terkait Covid-19
Tarutung, Delinewstv -- Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menyampaikan, dua warga Tapanuli Utara terindikasi suspek Covid-19 melalui rapid test yang telah dilakukan RSUD Tarutung.

"Keduanya warga Sipoholon. Pasien pertama berjenis kelamin perempuan berusia 60 tahun dan telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) dr Pirngadi Medan. Pasien kedua juga perempuan berusia 45 tahun dan saat ini telah diisolasi di RSUD Tarutung," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tapanuli Utara tersebut, didampingi Kadis Kesehatan Taput Alexander Gultom, Rabu (15/4/2020).

Dijelaskan, pasien kedua ditemukan terindikasi positif suspek atas hasil tracing (melacak) melalui rapid tes yang dilakukan setelah pasien pertama terindikasi positif.

"Pasien kedua adalah petugas medis di salahsatu Puskesmas yang pernah kontak dengan pasien pertama. Saat inipun Puskesmas Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon sudah diliburkan," sebutnya.

Nikson mengimbau masyarakat untuk mewaspadai mata rantai penyebaran ini dengan mamatuhi anjuran yang telah disampaikan pemerintah.

Ia menjelaskan, kedua pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke zona merah atau melakukan kontak langsung dengan orang positif Covid-19. Saat ini juga dilakukan tracing kepada keluarga dan orang-orang yang pernah kontak dengan kedua pasien.

"Mudah-mudahan jangan lagi bertambah jumlah yang terindikasi positif," ujarnya.

Nikson mengharapkan masyarakat tetap waspada tanpa perlu panik. "Jangan keluar rumah jika tidak terpaksa dan selalu pakai masker. Tetap jaga jarak (physical distancing), tidak mengadakan pesta adat serta agar para perantau tidak mudik," tegasnya.

Juga diimbau agar masyarakat jangan membulli keluarga yang dinyatakan terindikasi positif Covid-19, tetapi memberikan dukungan dan saling membantu untuk menunjukkan keprihatinan.

Reporter : Panji HS

TerPopuler