Di Kabupaten Tapteng Rumah Penerima PKH Akan Ditempel Stiker Ini

Rabu, 29 April 2020, 07:39 WIB
Oleh Bern
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani memperlihatkan contoh stiker untuk ditempel di rumah PKH (29/4).

Tapteng, Delinewstv | Agar tepat sasaran dan masyarakat dapat memantau penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Pemkab Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) akan memberikan pelabelan stiker di setiap rumah penerima PKH.

Hal ini disampaikan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul hari Selasa (29/4/2020).

“ Semua rumah-rumah penerima PKH akan di berikan tanda dengan stiker di dinding rumahnya,” jelas Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani di sela-sela launching pelepasan bantuan Pemkab Tapteng kepada 41.300 Kepala Keluarga.

Tak hanya itu, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani juga memerintahkan agar nama dan nomor telephone pendamping PKH di publikasikan ke publik.

“ Ini contoh stikernya, tetapi masih akan kita perbaiki dengan mencantumkan nama-nama pendamping PKH di setiap kecamatan ,” lanjut Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani yang juga di dampingi KadiS Sosial Tapteng Parulian Panggabean.

Kebijakan ini dimaksud agar masyarakat bisa memantau apakah layak dan tidak layak seorang warga menerima  PKH.

“ Mari sama-sama kita mengawasi apakah tepat sasarankah penerima PKH ini. Tidak semua pendamping PKH itu bagus dan tidak semua pendamping PKH itu tidak bagus menjalankan tugasnya. Silahkan buat pengaduan di nomor yang tertera distiker tersebut dengan catatan haru mencantumkan identitas lengkap pelapor agar tidak terjadi fitnah,” jelas Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Langkah pelabelan dengan penempelan stiker ini juga untuk menjawab tudingan selama ini kepihak Pemkab Tapteng .

“ Tidak ada wewenang dari Kepala Desa sebagai penentu seseorang menerima PKH.  Kepala Desa/Kelurahan hanya mengajukan nama, verifikasi dilakukan oleh pendamping PKH. Hasil akhirnya ditentukan oleh Kemnesos RI,” tegas Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Untuk diketahui, di Kabupaten Tapanuli Tengah tercatat 13.430 penerima PKH yang tersebar di 20 Kecamatan.

(Agus Tanjung)

TerPopuler