Bupati Taput Berterimakasih Alat Swab Test VTM Telah Diterima

IMG 20200417 WA0060%255B1%255D
Perlatan Swab Test VTM (Viral Transport Medium)

Tarutung, Delinewstv — Hari ini kita telah menerima perlatan Swab Test VTM (Viral Transport Medium) melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, sehingga pasien tidak harus dirujuk ke Medan, dikatakan Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, M. Si. saat menerima seperangkat alat Swab Test untuk dipergunakan di RSUD Tarutung, Jumat (17/4).

” Pasien yang memiliki gejala yang ditetapkan sebagai PDP diisolasi di Rumah Sakit Tarutung, dilakukan pemeriksaan Rontgen dan Rapid Test dan apabila positif, akan dipastikan lewat Swab Test PCR sehingga pasien tidak harus dirujuk ke Medan untuk test ini untuk di ambil sample lendir mulut dan dikirim ke Jakarta lagi dan harus menunggu antrian pemeriksaan sehingga membutuhkan waktu paling cepat 7 hari, “kata Nikson.

Masih dikatakan Nikson, dengan alat ini RSUD Taput tinggal mengirim ke RS USU medan, dan 2 atau 3 hari hasilnya sudah dapat.

“Semua upaya yang kita lakukan untuk melindungi masyarakat Tapanuli Utara dari ganasnya virus ini, ” ucapnya.

Masih dikatakan Nikson melalui pesan singkat whatsapp kepada awak media Delinewstv, semua prosedur dan protokol penanganan PDP Covid-19 ini sudah di atur, bukan untuk kepentingan Pemerintah dan Negara, tetapi untuk keselamatan masyarakat, dan kita semua.

“Segala upaya saya lakukan yang terbaik untuk masyarakat Taput, masyarakat harus tahu apa itu Covid-19 dan bagaimana penyebaran nya, Kita sudah sosialisasikan selalu, gunakan masker setiap keluar rumah, perilaku hidup bersih dengan cuci tangan dan jaga jarak, “tegas Bupati Taput, Nikson Nababan.

“Untuk itu, setiap OPD dan PDP harus isolasi dan isolasi mandiri, menghindari penyebaran yang sangat cepat itu. Jadi, mari semua berusaha karena usaha pemerintah akan sia sia apabila tidak seiring dengan masyarakat, “ujar Nikson.

Nikson juga mengajak masyarakat agar seirama dalam memerangi virus corona.” jangan saling mencurigai dan berkecil hati, karena virus ini bukan aib, tetapi ini sudah menjadi bencana nasional. Pemerintah tetap berusaha, masyarakat mengikuti aturan untuk keselamatan kita bersama.”


Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengucapkan terima kasih atas sumbangan para donatur yang memberikan perhatian mendukung Pemerintah dan Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara.

(Panji HS)