-->

Antisipasi Penyebaran COVID-19, Bupati Samosir Perketat Monitoring Akses Masuk ke Kabupaten Samosir.

Senin, 23 Maret 2020, 20:35 WIB
Oleh moltoday.com
Bupati Samosir melakukan pengukuran suhu tubuh pada pengujung 

Reporter : Panji HS

Samosir,Delinewstv - Penyebaran Virus Corona (Covid-19) semakin bertambah. Data yang dilansir dari Web Resmi Gugas Covid-19 (Covid.go.id) update per tanggal 23 Maret 2020 pada pukul 15:00 WIB bertambah menjadi 579 jiwa (Positif) dan 30 jiwa sembuh serta 49 meninggal.

Antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM didampingi Kapolres Samosir AKBP. M. Saleh, Sekdakab Drs. Jabiat Sagala, M. Hum dan Tim Gugus Tugas (Gugas) yang terdiri dari Dinkes, BPBD, Dishub, TNI, Polri dan OPD lainnya melakukan monitoring di seluruh pintu masuk Samosir, Senin (23/03). 

Hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir penyebaran Virus Corona (COVID-19) ke wilayah Kabupaten Samosir. 

Monitoring diawali dari akses jalur darat yaitu di Menara Pandang Tele, Kecamatan Harian. Petugas melakukan penyemprotan desinfektan ke sejumlah Mobil dan Sepeda Motor yang masuk dan mengkur suhu tubuh setiap orang yang hendak masuk ke Samosir tanpa terkecuali dengan Thermoscan.

Bupati Samosir juga ikut melakukan pengukuran suhu tubuh ke beberapa orang yang hendak masuk ke Samosir. Kepada petugas, Bupati menekankan agar jangan ada satu orang pun yang masuk ke Samosir tanpa melalui prosedur ini. Hal ini berlaku diseluruh pintu/akses masuk ke Samosir. 

Sesuai SOP nya, jika ditemukan orang/pengunjung yang memiliki suhu tubuh mencapai 38 derajat Celcius, maka tidak akan diperbolehkan masuk ke Samosir dan apabila warga Kabupaten Samosir akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di fasilitas kesehatan terdekat dan secepatnya akan diambil tindakan sesuai SOP dari Pemerintah Pusat.

Selanjutnya Bupati bersama tim melakukan hal yang sama di pintu masuk lainnya yaitu di Pelabuhan Sumber Sari Tomok, Pelabuhan Fery Tomok, Pelabuhan Fery Ambarita dan Pelabuhan Fery Simanindo.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga pun melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Aksea masuk Pelabuhan Nainggolan dan kepada masyarakat di Pasar Onan Nainggolan dan Pasar Onan Baru Pangururan bersama jajaran Forkopimda Kab Samosir.

TerPopuler